Pesona keindahan gunung di Indonesia.



Negara kita Indonesia ini memang memiliki ratusan gunung. Dan sudah kita ketahui bahwa gunung mampu memberikan pemandangan yang dapat menyejukkan mata. Oleh karena itu, tim info-mnarik akan merangkum beberapa gunung yang memiliki pemandangan sangat indah dan mampu membayar rasa lelah kalian setelah mendakinya. Berikut kami sajikan pemandangan gunung-gunung terindah di negeri kita ini.

Gunung Rinjani, NTB 



Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat, memang terkenal memiliki keindahan pantainya. Namun, di pulau ini juga terdapat Gunung Rinjani yang disebut-sebut sebagai tempat wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, gunung ini berhasil menjadi gunung ketiga tertinggi di Indonesia. Gunung Rinjani menawarkan beragam pemandangan alam yang sangat indah, mulai dari padang savana yang ditumbuhi bunga edelweiss, Danau Segara Anak, sampai pemandangan matahari terbit.

Gunung Bromo, Jawa Timur



Gunung Bromo terbagi menjadi empat wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. Gunung Bromo terkenal dengan pemandangan sunrise yang indah. Selain itu gunung ini juga terkenal dengan kawah Bromo yang memiliki diameter sekitar 800 meter dari utara ke selatan dan 600 meter dari barat ke timur. Selain itu, gunung ini juga memiliki Bukit Teletubbies dan padang savana. Dan tempat yang paling khas disini adalah lautan pasir yang merupakan lokasi syuting film Pasir Berbisik.

Gunung Semeru, Jawa Timur



Gunung ini berlokasi di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Dengan ketinggian 3.676 mdpl, membuat gunung ini menjadi gunung tertinggi di pulau jawa. Tempat paling spesial di gunung ini adalah salah satu danau terindah di Indonesia. yaitu Ranu Kumbolo yang menjadi tempat peristirahatan dan markas para pendaki yang akan melanjutkan perjalanan hingga puncak Semeru.

Di hadapan Ranu Kumbolo terdapat Tanjakan Cinta. Menurut kepercayaan masyarakat, pendaki yang bisa melalui tanjakan ini tanpa menoleh ke belakang, kisah cintanya akan abadi. Di balik bukit cinta, Ada pemandangan padang savana Oro-oro Ombo yang penuh dengan bunga lavender dan lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti pegunungan di Eropa.

Keindahan itulah yang membuat gunung ini menjadi salah satu gunung yang paling ramai, terutama setelah film 5cm tayang dan membuat gunung ini semakin terkenal.

Gunung Ijen, Jawa Timur



Gunung Ijen berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Berdampingan dengan Gunung Merapi. Ketinggiannya 2.443 mdpl. Namun, Gunung Ijen terkenal dengan keindahan kawahnya yang merupakan danau air asam terbesar di dunia. Rasa letih Anda akan terbayar dengan birunya Kawah Ijen. Selain itu, gunung ini juga memiliki pertunjukan alam yang luar biasa pada pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari. yaitu blue fire yang tidak akan Anda temukan di gunung lain.

Gunung Kelimutu, NTT



Gunung Kelimutu merupakan gunung aktif yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT. Gunung Kelimutu dikelilingi hutan dengan flora khas pegunungan seperti pinus, casuarinas, dan kayu merah. Yang spesial dari gunung ini, terdapat tiga buah danau dengan nama Danau Tiga Warna. Sesuai dengan namanya, air di ketiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda. Nama ketiga danau tersebut adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dengan warna air biru, Tiwu Ata Polo dengan warna air merah, dan Tiwu Ata Mbupu dengan air berwarna putih.

Puncak Jaya, Papua



Hal yang unik dari gunung ini adalah puncak gunungnya yang di selimuti oleh salju. Meskipun terletak di wilayah dengan iklim tropis. Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Indonesia. Puncak Jaya merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang tertutup salju. Hal tersebutlah yang membuat gunung ini menjadi gunung dengan pemandangan langka sekaligus unik di negara kita ini.

Gunung Gede, Jawa Barat



Gunung Gede berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, tepatnya di antara Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, Jawa Barat. Gunung ini meiliki banyak tempat yang bagus. Seperti : Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Kandang Batu dan Kandang Bada, Alun-alun Suryakencana, dan Puncak Gunung Gede. Salah satu tempat yang paling indah dan menjadi tempat wisata favorit para pendaki di Gunung Gede adalah Alun-alun Suryakencana. Alun-alun Suryakencana merupakan padang savana seluas 50 hektar pada ketinggian 2.750 meter yang ditumbuhi oleh bunga Edelweiss.

Nah itu dia temen-temen. Beberapa keindahan gunung yang ada di negara kita ini. Semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat bermanfaat dan bisa menjadi tambahan ilmu bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *