Batu terkeras dibumi.


Seperti yang kita ketahui, batu memang sangat padat dan keras ya temen-temen. Sehingga tidak heran jika batu banyak digunakan sebagai bahan untuk membangun gedunf atau rumah. Hal tersebut tidak lepas dari ketahanan batu itu sendiri yang keras dan tahan lama.

Namun, tingkat kekerasan dari batu sebenarnya berbeda-beda dan tergantung pada jenis batu itu sendiri. Lalu, pernahkah kita berpikir. Sebenarnya, apa batu paling keras di bumi kita ini ? Yuk, simak bahasan kami kali ini.

Agar lebih jelas, berikut akan kami sebutkan secara terurut jenis batu paling keras dibumi kita ini.

Berlian/intan (Diamond)


Jenis batu ini dipercaya ditemukan di afrika selatan pada tahun 1870. Walau disebut batu, sebenarnya berlian berbentuk kristal dari karbon yang menghasilkan kekuatan 10 Mohs yang merupakan nilai terbesar dari batu yang ada di bumi kita.

Korondum ( Safir dan Ruby )


Bagi sebagian orang, tentu tidak asing dengen jenis batu tersebut. terutama mereka yang senang batu akik. dua jenis batuan ini berasal dari jenis batu yang sama. namun yang beda hanya warna nya saja. Rubi berwarna merah delima, sedangkan safir berwarna selain merah. Batu ini memiliki kekuatan 9 Mohs. 

Ametis/Batu kecubung (Amethyst)


Batu yang cukup populer ini biasanya terbentuk dari silika. Batu ini biasanya memiliki warna merah muda hingga berwarna ungu tua. Batu ini memiliki skala kekerasan hanya 7 Mohs saja. Umumnya batu ini memiliki keunikan. Yaitu akan bersinar terang setelah dijemur dalam waktu yang cukup lama.

Zamrud (Emerald)


Batu zamrud memiliki sekala kekerasan sebesar 7.5 Mohs. Batu ini terbuat dari kristal slikat bero. biasanya, batu ini memiliki warna hijau yang berasal dari kandungan kromium didalamnya. Batu ini biasanya juga memiliki kecacatan. Seperti retak, gelembung, kristal karbon asing, dan sebagainya.

Giok (Jade).


Batu ini biasanya memiliki kekuatan dengan skala 6-7 Mohs. Batu ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Karena, batu ini dipercaya dapat memancarkan sinar inframerah yang dapat melancarkan aliran darah dan metabolisme tubuh.

Nah, itu dia temen-temen daftar batuan terkeras dan terkuat yang sudah ditemukan di bumi kita. Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *