Apakah matahari adalah bintang ?


Seperti yang kita ketahui sejak kecil, bintang merupakan benda langit yang biasa kita lihat dilangit saat langit kita gelap atau saat malam hari ya. Sementara disiang hari, mereka akan menghilang karena terangnya sinar sang surya kita yaitu matahari.

Bila kita mencari pengertian terkait bintang, mungkin kita akan menemukan jika bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan sinarnya sendiri. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, apakah matahari bisa kita sebut sebagai bintang ? Dan bagaimana dengan bulan ? Bulan juga bisa menghasilkan cahaya walau tidak seterang matahari disiang hari.

Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini yang akan membahas apa itu bintang, dan apa benar matahari dan bulan bisa kita kategorikan sebagai bintang.

Masyarakat secara luas tentu berpikir jika bintang itu adanya saat malam hari. Dia ada di langit gelap dengan setitik cahaya dan seakan berkedip-kedip. Sementara, matahari ada pada saat siang hari dan menerangi langit kita. Sehingga, bintang tidak terlihat karena kalah terang.

Nah, jika kita lihat dari anggapan masyarakat luas selama ini, tentu masyarakat tidak akan setuju jika matahari disebut bintang. Karena, dia disebut matahari dan bukan bintang. Begitu pula dengan bulan. Dia bulan dan bukan bintang ya.

Namun secara ilmiah, matahari sebenarnya termasuk kedalam bintang. Hal tersebut mengacu pada pengertian bintang yang merupakan benda langit dan menghasilkan cahaya sendiri. Dan matahari mampu memenuhinya.

Namun, karena letak matahari yang cukup dekat, maka dia tampak sangat terang dibandingkan dengan bintang-bintang lain yang jaraknya sangat sangat jauh. Hingga cahaya nya tidak seterang matahari dan hanya terlihat saat malam hari sebagai setitik cahaya saja.

Sedangkan bulan, ia tidak bisa dianggap sebagai bintang. Karena sebenarnya, bulan dapat bercahaya karena memantulkan cahaya dari matahari. Ya, sinar tersebut adalah sinar matahari yang menyinari bulan seperti yang terjadi pada bumi kita saat siang hari.

Baik, semoga penjelasan kami diatas dapat kalian pahami dengan baik ya. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga temen-temen. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *