Mengapa bagian bawah kapal kebanyakan berwarna merah ?


Kapal merupakan mode transportasi yang bergerak di air laut. Kapal tidak memiliki roda seperti kebanyakan kendaraan lain. Karena kapal bergerak di air, kapal menggunakan baling-baling untuk bergerak dan mengarungi lautan. Sebenarnya, banyak jenis kapal. Seperti kapal barang dan juga penumpang.

Namun bila kita perhatikan, banyak kapal yang dicat berwarna merah dibagian bawahnya. Penggambaran kapal di beberapa media pun juga mengikutinya. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pernahkah kita berpikir. Sebenarnya, mengapa bagian bawah kapal banyak yang di cat berwarna merah ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian sadari, bagian kapal yang di cat merah tersebut merupakan bagian bawah kapal yang tentu saja bagian kapal yang bersentuhan langsung dengan air laut. Bahkan, bagian tersebut selalu tenggelam didalam air laut yang asin dan tentunya penuh dengan mahluk hidup.

Sehingga, bagian tersebut rentan sekali di tempeli oleh mahluk hidup yang ada dilaut. Seperti tumbuhan laut, kerang, remis, dan mahluk hidup laut lainnya. Hal tersebut tentu memiliki dampak negatif bagi kapal itu sendiri.

Karena semakin banyak mahluk hidup yang menempel pada kapal, tentu akan membuat kapal semakin berat. Selain itu, kapal juga akan menjadi lebih lambat. Sehingga akhirnya, kapal tentu akan menjadi lebih boros bahan bakar.

Oleh karena itu, bagian bawah kapal tersebut memerlukan perlakuan khusus. Sehingga, bagian tersebut diberi lapisan khususu. Yaitu tembaga. Tembaga terbukti dapat meminimalisir menempelnya mahluk hidup laut pada kapal.

Tembaga biasanya dibuat serbuk dan dibuat menjadi cat. Tembaga juga memiliki warna merah alami. Sehingga juga dibuat berwarna merah. Cat tersebut juga sering disebut sebagai cat anti Fauling.

Bahkan, cat tersebut telah lama digunakan sejak kapal masih terbuat dari kayu. Fungsinya juga sama. Yaitu melindungi kapal agar tidak di tempeli mahluk hidup laut dan agar kayu tidak dimakan oleh cacing laut.

Selain itu, cat merah tersebut juga berguna untuk menentukan kapal kelebihan muatan atau tidak. Jika kelebihan muatan, maka tentu kapal akan semakin menyelam dan membuat cat merah semakin tak terlihat.

Nah gimana ? Sudah jelasnya temen-temen terkait alasan cat merah pada bagian bawah kapal tersebut ?. Ya, walaupun sekarang sudah semakin jarang yang berwarna merah. Karena cat tembaga sudah berkembang dengan berbagai warna pilihan.

Baik, semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa  baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen-temen
 Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *