Mengapa semua pesawat berwarna putih ?


Saat bepergian jauh, pesawat merupakan salah satu mode transportasi yang paling diminati masyarakat indones dan bahkan dunia. hal tersebut dikarenakan pesawat dapat mengantar kita ketujuan dengan sangat cepat dan efisien. karena bergerak dengan cara terbang tanpa hambatan dan macet.

Namun, terlepas dari itu semua, pernahkah kita memperhatikan setiap pesawat yang berwarna putih ? Pernahkah kita penasaran tentang hal tersebut ? Mengapa semua pesawat berwarna putih ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa pesawat dicat dengan warna putih. Berikut kami akan menjelaskannya dalam beberapa bagian dibawah ini.

Membantu pesawat tetap dingin.

Seperti yang kita ketahui, baju gelap seperti hitam akan lrbih cepat panas biala dibandingkan dengan warna cerah seperti putih. Hal tersebut terjadi karena sifat warna gelap yang menyerap cahaya. sementara warna cerah cenderung memantulkan cahaya. Hal tersebut juga berlaku pada badan pesawat. Dimana warna putih dimaksudkan untuk sifat reflektif atau memantulkan cahaya matahari agar pesawat dan penumpang tetap dingin dan tidak mudah panas.

Lebih mudah mendeteksi kerusakan pada badan pesawat.

Pesawat merupakan salah satu mode transportasi yang sangat sensitif akan kerusakan. Karena kerusakan sedikit saja bisa membunuh nyawa puluhan bahkan ratusan orang. Oleh karena itu,  pesawat di cat putih dimaksudkan untuk  mempermudah menemukan keretakan, kebocoran, dan kerusakan-kerusakan lain.

Warna putih membuat burung tidak mendekat.

Penelitian membuktikan jika burung cenderung menjauhi pesawat dengan badan berwarna cerah seperti putih. Perlu kalian ketahui, burung merupakan musuh dari pesawat. Karena, bila burung masuk ke mesin pesawat, hal tersebut dapat membuat kerusakan fatal. Walaupun sebenarnya, daya terbang pesawat memang jauh lebih tinggi dari daya terbamg burung.

Tetap mahal jika dijual kembali.

Hal kecil lain yang diperhatikan adalah harga jual yang masih mahal bila pesawat dicat berwarna putih. Hal tersebut berbeda dengan pesawat yang dicat warna lain.

Lebih mudah ditemukan jika terjadi kecelakaan.

Karena terbang lepas diudara, maka pesawat bisa jatuh dan mendarat darurat dimana saja ketika pesawat bermasalah. Bisa dilaut, pegunungan, hutan, dan tempat-tempat lain. Badan pesawat yang dicat cerah seperti putih tentu akan lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan pesawat yang dicat dengan warna gelap.

Nah, jadi itu dia temen-temen alasan mengapa banyak pesawar yang dicat putih. Ya, walaupun tidka semua ya. Tapi setidaknya warna putih lah yang paling banyak digunakan. Baik, semoga bahasan diatas bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih temen-temen :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *