Mengapa alkohol terasa dingin saat terkena kulit ?


Saat kalian terjatuh, terkena iris, tergores, atau kejadian-kejadian lain yang membuat kalian luka, biasanya luka tersebut akan diberi alkohol dengan segera. Hal tersebut bertujuan untuk mematikan kuman dan menghindari infeksi.

Namun terlepas dari itu semua, kita tentu tau jika alkohol akan terasa dingin setelah terkena kuli kita. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pernahksh kita penasaran atau bertanya-tanya mengapa alkohol terasa dingin ketika terkena kulit ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kita sadari, sebenarnya kulit Kan terasa panas dan dingin akibat adanya kalor di kulit itu sendiri. Semakin banyak kalor pada kulit, maka kulit akan merasakan panas. Sebaliknya, jika pada kulit memiliki sedikit kalor, maka kulit akan merasakan dingin.

Sedikit informasi terkait kalor, kalor merupakan sebuah energi yang dapat berpindah-pindah. Semakin banyak kalor pada suatu benda, maka benda tersebut akan semakin panas. Sementara sebaliknya. Semakin sedikit kalor di suatu benda maka akan semakin dingin pula benda tersebut.

Namun selama ini mungkin kita salah. Kita menganggap kulit akan merasakan panas jika  lingkungan terasa panas. Seperti saat kita berada didekat kompor. Ya, kompor memang panas. Dan kita merasa panas.

Tapi sebenarnya yang terjadi adalah, kalor dari api merambat melalui udara dan sampai pada kulit kita. Sehingga kulit kita menjadi panas karena banyaknya kalor. Saat itulah kita merasa panas.

Nah, hal tersebut juga yang terjadi pada alkohol yang terkena kulit kita. Karena saat kita mengoleskan alkohol pada kulit kita, alkohol akan menyerap kalor di kulit kita dan alkohol akan menguap. Sehingga, kulit akan terasa dingin. Jadi, bukan karena suhu alkoholnya yang dingin ya temen-temen.

Hal tersebut terjadi karena alkohol merupakan cairan yang memiliki titik didih rendah. Yaitu sekitar 78.4 derajat celcius. Sehingga, alkohol mengambil kalor dari kulit untuk menguap menjadi gas.

Nah gimana ? Sudah terjawab ya mengapa alkohol terasa dingin saaat terkena kulit. Baik, semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen-temen. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *