Apakah buta warna tidak bisa melihat warna ? Inilah rasanya buta warna.


Temen-temen tentu pernah menjalani tes untuk masuk kerja, kuliah, atau bahkan sekolah. Dimana terkadang, ada banyak sesi tes yang harus kita lalui. Mulai dari tes tulis ilmu pengetahuan, tes wawancara atau interview, tes kesehatan, dan ada juga Tes Buta Warna.

Namun terlepas dari itu semua, pernahkah kita berpikir atau penasaran. Sebenarnya, seperti apa yang dirasakan oleh penderita buta warna ? Apakah tidak bisa melihat warna sama sekali ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, Buta warna merupakan kondisi seseorang yang mengalami penurunan penglihatan terhadap warna. Namun, buta warna sebenarnya memilik dua jenis. Yaitu buta warna sebagian dan warna total. Berikut kami akan menjelaskannya secara terpisah.

Buta warna sebagian atau parsial.

Buta warna sebagian ini, pasien biasanya masih bisa melihat warna-warna disekitar kita. Namun, beberapa warna biasanya mengalami perubahan. Contohnya seperi :

  • Buta warna merah-hijau.

Pada kondisi ini, pasien biasanya akan melihat warna kuning dan hijau menjadi memerah. Sementara warna Oranye, merah, dan kuning terlihat seperti hijau. Sedangkan warna Merah akan terlihat seperti hitam atau kecokelatan. dan warna hijau terlihat seperti warna krem.


  • Buta warna Biru Kuning.

Pada kondisi ini, pasien biasanya akan melihat warna Biru tampak kehijauan. Selain itu, pasien akan sulit membedakan merah muda dengan kuning dan merah. Sementara warna Biru akan terlihat seperti hijau, dan kuning terlihat seperti abu-abu atau ungu terang.

Buta warna total.

Selanjutnya, ada buta warna total. Pada kondisi ini pasien biasanya akan kesulitan membedakan semua warna yang mereka lihat. Bahkan, ada beberapa pasien yang tidak bisa melihat semua warna. Pasien tersebut hanya akan melihat warna Putih, Abu-Abu, dan Hitam saja loh.

Nah, dari informasi diatas, tentu kita bisa simpulkan ya temen. Jika penderita buta warna masih bisa merasakan warna. Namun, warnanya akan berubah. Namun, pada penderita buta warna total, pasien bisa saja hanya dapat melihat warna putih, abu-abu, dan hitam saja tanpa melihat warna lain.

Perlu kalian ketahui, buta warna ini akan berlaku seumur hidup. Jadi, tidak bisa disembuhkan ya temen-temen. Karena, pigmen yang bereaksi terhadap warna dimata mengalami kerusakan atau kelainan.

Baik sudah terjawab ya pertanyaan kalian ya. Semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen-temen. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *