Bagaimana cara kapal melakukan fungsi rem dan berhenti ?


Temen-temen tentu sudah tau ya bagaimana konsep untuk memberhentikan sebuah kendaraan bermotor yang ada didarat. Yaitu dengan menggunakan komponen rem untuk memberikan gesekan pada ban untuk memperlambat laju ban dan akhirnya berhenti. Alatnyapun beraneka ragam. Mulai dari brake shoe/sepatu rem/kanvas.

Namun, pernahkah kalian berpikir atau penasaran tentang kapal laut. Ya, mereka tentu berjalan dilaut atau diatas air. Lalu, bagaimana cara melakukan pengereman dan berhenti ? Nah, bagi kalian yang penasaran tentang hal tersebut, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui jika pada umumnya kapal tidak bisa berhenti mendadak seperti yang bisa dilakukan oleh kendaraan yang bergerak didarat atau diaspal. Hal tersebut dikarenakan kapal bergerak pada permukaan air yang cair. Selain itu, kapal juga tida memiliki komponen rem seperti kendaraan darat.

Namun, kapal tentu saja bisa melakukan pengereman atau berhenti sesuai yang diinginkan oleh nahkoda (supir kapal). Walaupun, caranya berbeda ya. Karena, kapal untuk berhenti, biasanya akan menghentikan baling-baling yang merupakan penggerak kapal.

Dengan menghentikan baling-baling kapal, tentu tidak langsung menghentikan kapal. Karena, kapal akan terus melaju tapi akan berangsur melambat. Sehingga, nahkoda harus memperkirakan jarak yang pas untuk menghentikan baling-baling agar kapal bisa berhenti pas pada titik pemberhentian yang diinginkan.

Namun selain itu, nahkoda bisa memutar baling-baling secara terbalik untuk melakukan pengereman. Walaupun hal tersebut tidak bisa membuat kapal berhenti mendadak. Selain itu, menghentikan kapal juga bisa dibantuk dengan penurunan jangkar agar kapal bisa berhenti pas pada posisi yang dikehendaki.

Nah, gimana ? Sudah tidak penasaran lagi kan bagaimana kapal bisa berhenti walau tanpa rem ? Ya, dengan menggunakan langkah-langkah diatas ya. Yaiti dengan mematikan baling-baling, memutar baling-baling secara berlawanan atau terbalik, dan juga menggunakan jangkar bila diperlukan.

Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga bahasan kami kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Kritik, saran, atau tambahan dapat kalian sampaikan pada kolom komentar ya. Jangan lupa share juga dan baca bahasan kami yang lain. Terimakasih temen-temen :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *