Mengapa manusia dan hewan menghasilkan feses/kotoran ?


Kita semua tau ya temen-temen jika kita sebagai manusia tak bisa jauh dari kebutuhan sehari-hari. Seperti MCK contohnya. Yaitu, mandi, cuci, dan kakus. Kakus dibutuhkan untuk kita membuang kotoran yang memang menjadi sifat alamiah setiap mahluk hidup seperti manusia dan hewan.

Namun dari hal itu semua, pernahkah kalian berpikir. Sebenarnya mengapa kita  dan juga hewan menghasilkan kotoran ? Jika tidak menghasilkan, mungkin qkan membuat hidup kita lebih mudah bukan ? Kita tidak perlu membuang waktu untuk membuang kotoran. Apalagi saat dalam perjalanan. Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, feses atau kotoran merupakan salah satu zat yang dikeluarkan oleh tubuh manusia dan juga hewan. Feses biasanya dihasilkan oleh sistem pencernaan yang merupakan sistem pengolah makanan yang di konsumsi oleh manusia atau hewan.

Feses dihasilkan dari zat sisa makanan yang telah mengalami pembusukan oleh bakteri yang ada di tubuh kita. Jadi, makanan yang kita konsumsi tidak dapat diserap keseluruhan oleh tubuh kita. Sehingga, sisa makanan tersebut harus dibuang dari tubuh kita.

Selain zat sisa, kotoran juga dapat mengeluarkan benda-benda asing yang mungkin saja masuk dalam makanan yang dikonsumsi. Seperti kerikil kecil, rambut, dan benda keras lain yang tidak tercerna dan terserap oleh tubuh kita.

Selain itu, feses juga menjadi media bagi tubuh untuk mengeluarkan zat-zat sisa aktivitas tubuh. Seperti pada tubuh manusia yang mengeluarkan bilirubin melalui feses dan membuat feses berwarna kuning. Bilirubin merupakan zat sisa yang dihasilkan hati dalam proses pemecahan sel darah merah. Dan juga zat-zat sisa lain yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika tidak dikeluarkan dari tubuh. Begitu pula dengan zat-zat sisa pada hewan yang mungkin berbeda antara hewan satu dengan yang lain.

Nah gimana ? Sudah jelas ya mengapa kita dan jugs hewan harus mengeluarkan feses atau kotoran ? Ya, untuk mengeluarkan sisa makanan dan juga zat-zat berhaya akibat aktivitas tubuh. Salin itu juga untuk mengeluarkan benda asing yang mungkin masuk dalam makanan.

Baik terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *