Apakah tumbuhan menghasilkan kotoran ?


Seperti yang kita ketahui, hewan dan manusia memang mengkonsumsi makanan. Selain itu, mereka juga menghasilkan kotoran yang harus dibuang. Hal tersebut memjadi sifat alami hewan dan manusia until membuang sisa-sisa makanan yang telah mereka konsumsi.

Namun, dibumi ini juga ada tumbuhan yang juga merupakan salah satu dari mahluk hidup. Nah, maka dari hal tersebut, pernahkah kita penasaran atau berpikir tentang tumbuhan tersebut. Sebenarnya tumbuhan menghasilkan kotoran juga atau tidak ya ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sebelumnya, perlu kita ingat bahwa tumbuhan tidak mengkonsumsi makanan secara langsung seperti hewan dan manusia. Tumbuhan biasanya mendapat makanannya sendiri dengan cara melakukan fotosintesis. Dengan melakukan penyerapan air dan mineral melalui akar, mengambil karbon dioksida dari daun dan dibantu oleh  sinar matahari.

Karena tumbuhan itu merupakan salah satu mahluk hidup dibumi ini, maka dipercaya juga menghasilkan kotoran. Namun, karena cara makan tumbuhan berbeda dengan hewan dan manusia, tentu tumbuhan mengeluarkan kotoran atau zat yang tidak diperlukan juga dengan caranya sendiri.

Walaupun tidak semua tumbuhan, namun terkadang beberapa tumbuhan mengeluarkan kelebihan air dan juga limbah lainnya dengan proses yang dikenal dengan gutasi. Proses ini biasanya terjadi karena adanya kelebihan penyerapan air oleh akar. Sehingga, air dilepaskan oleh tumbuhan melalui jaringan daunnya dalam bentuk cair.

Selain itu, tumbuhan biasanya memusatkan kotoran atau limbah yang merupakan zat-zat yang tidak diperlukan  lagi pada beberapa bagian yang nantinya akan digugurkan. Seperti kelopak bunga, daun, dan bagian-bagian lainnya. Limbah-limbah tersebut termasuk logam-logam berat, tannin, oksalat, antosianin, dan zat atau bahan berbahaya lainnya. Bahkan, pada penelitian terbaru, pohon diketahui dapat menghasilkan gas selain oksigen. Seperti metana. Sehingga, tumbuhan dianggap dapat menghasilkan kentut seperti hewan manusia.

Nah gimana ? Sudah jelas ya ? Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan informasi. Tambahan, sanggahan, dan kritik dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *