Apakah kapal bisa bergerak menyamping ?


Sejak kecil, mungkin kita sudah pernah merasakan naik kapal laut. Apakah kalian merasa takut ? Atau justru senang ? Bagi sebagian orang, mungkin naik kapal memiliki rasa khawatir tersendiri. Terutama bagi mereka yang tidak bisa berenang. Namun, pernahkah kalisn memperhatikan saat kapal akan sandar ?

Bila kita perhatikan, kapal tersebut bermanufer. Terkadang kita juga merasa bergerak sedikit menyamping. Nah, dari hal tersebut, pernahkah kita memiliki rasa penasaran. Sebenarnya, bisakah kapal bergerak menyamping, walaupun hanya untuk kepentingan berlabuh ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kita ketahui lebih lanjut, kapal biasanya bergerak maju dan memang di design seperti itu. Hal tersebut terbukti dengan letak baling-baling penggerak kapal yang ada di belakang kapal. Sehingga hal terebut membuatnya bergerak lebih efisien.

Selain itu, design kapal yang meruncing di bagian depan juga berguna untuk membelah air dan memperkecil hambatan air. Sehingga, kapal bisa melaju dengan lebih efisien, cepat, dan tentunya hemat bahan bakar.

Namun, kapal juga bisa bergerak mundur dalam keadaan tertentu. Seperti saat akan sandar dan kondisi kondisi lainnya. Untuk bergerak mundur, sebuah kapal biasanya akan memutar baling-baling nya secara terbalik. Sehingga, kapal akan bergerak mundur.

Namun, bergerak mundur bagi sebuah kapal tidaklah efisien dan boros bahan bakar. Sehingga, hanya digunakan pada saat kondisi tertentu saja. Lalu bagaimana dengan bergerak menyamping saat akan sandar ?

Perlu kita ketahui, kapal sebenarnya tidak bisa bergerak menyamping secara langsung. Hal tersebut sama halnya dengan mobil yang bisa bergerak kedepan dan belakang.

Namun, kapal  bisa saja bergerak menyerong dengan tajam dan seakan bergerak menyamping. Namun, tetap saja. Kapal hanya akan menggunakan dan memanipulasi pergerakan maju dan mundur untuk kemudian membelokkan kemudi kesamping sehingga seakan jalan menyamping.

Jadi, sebenarnya kapal memang bisa bergerak kesamping. Namun, tidak secara langsung. Lebih tepatnya bergerak menyerong saja. Karena, disamping kapal tidak ada baling-baling yang dapat membuatnya bergerak menyamping secara langsung.

Baik sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Share juga ya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan informasi. kritik dan tambahan dapat disampaikan pada kolom komentar dibawah. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *