Apa perbedaan jelly dan agar-agar ? dan juga puding.


Temen-temen tentu sudah familiar ya dengan jajanan-jananan kenyal seperti jelly, puding, dan juga agar-agar. Makanan manis ini memang banyak kita jumpai di kedai makanan atau olahan dirumah. Begitu pula saat kita bertamu, kita tentu tidak asing dengan jajanan manis tersebut.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pernahkah kalian berpikir. Sebenarnya, apa yang membedakan satu sama lain dari 3 makanan kenyal dan manis tersebut ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Bila kita lihat secara sekilas, makanan ini memang memiliki kemiripan satu sama lain. Selain rasanya yang manis, ketiga makanan ini juga memiliki tekstur kenyal yang membuatnya asik untuk kita kunyah. Selain itu, ketiga makanan ini juga kaya akan serat dan juga menyehatkan bagi tubuh.

Nah untuk mengetahui perbedaannya, maka berikut akan kan kami jabarkan penjelasannya satu persatu ya.

Agar-agar.
Makanan ini telah lama dikenal oleh masyarakat. Tercatat, pengembangan agar-agar telah dilakukan sejak 1871 dan dipercaya berasal dari melaka. Agar-agar merupakan olahan dari rumput laut. Namun jenis rumput laut yang dipakai adalah euchema sp (rhodophyceae) atau dari keluarga phaeophycophyta (gracilaria dan gelidium).

Agar-agar memiliki tekstur yang kenyal. Namun, agar-agar cenderung lebih keras. Agar-agar merupakan karbohidrat dengan molekul yang besar dan kaya akan serat. Sehingga, baik untuk melancarkan pencernaan.

Jelly.
Jelly juga merupakan jajanan manis dan kenyal. Jelly juga terbuat dari rumput laut. Namun, rumput laut yang dipakai berjenis karaginofit, seperti eucheuma sp, hypnea sp, gigartina sp dan chondrus sp. Selain itu, jelly biasanya mengandung perasa.

Tekstur jelly biasanya lebih kenyal dan lembut dari agar-agar. Jelly juga mengandung pektin, senyawa dari asam polygalakturonat dengan pH 2,8-3,2 yang berfungsi membentuk gel pada jelly. Teksturnya yang lembut membuat jelly lebih disukai dan diminati. Jelky juga memiliki kandungan serat tinggi dan juga tambahan vitamin. Sehingga baik untuk pencernaan dan juga kesehatan tubuh.

Puding.
Puding merupakan jajanan manis yang terbuat dari agar-agar atau juga jelly. Namun, puding biasang memiliki campuran lain yang beraneka ragam. Seperti susu, santan, buah, yoghurt, nata decoco, coklat, dan juga bahan-bahan lain. Puding juga memiliki serat tinggi. Sehingga baik untuk pencernaan.

Nah, itu dia temen-temen perbedaan dari ketiga makanan tersebut. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain dan jangan lupa share ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *