Mengapa rasa keju itu asin ?


Kalian tentu pernah merasakan keju. Walaupun tidak makan keju nya langsung, tentu pwenah memakan jajan atau makanan yang di beri campuran atau perasa keju. Dimana saat kita tanya tentang rasa khas keju, tentu kita setuju dan mungkin akan serempak untuk mengatakan rasa keju itu asin.

Namun, pernahkah kita berpikir. Sebenarnya, apa yang mebuat keju itu asin ? Dan mengapa rasa keju itu bisa asin ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini yang akan membahas mengenai penyebab dan alasannmengapa.rasa keju itu asin. Let's enjoy temen-temen.

Seperti yang sudah kami katakan diatas, keju merupakan salah satu produk olahan susu fermentasi. Dimana prosesnya cukup panjang. Diawali dari pemanasan susu, pemberian bakteri atau bibit pada susu, memisahkan air dan daddih atau gumpalan keju, pemadatan, dan pematangan dengan cara disimpan.

Nah, perlu kalian ketahui, rasa asin pada keju sebenarnya memang berasal dari garam yang ditambahkan debelum proses pematangan atau penyimpanan dilakukan. Namun, garam yang dipakai tentu berbeda dengan garam yang kita gunakan sehari-hari didapur.

Garam didapur biasanya mengandung yodium. Sementara garam yang digunakan untuk campuran pembuatan keju tidak mengandung yodium. Dan tentu harus tanpa yodium. Karena, yodium dapat memperlambat proses pembuatan keju.

Ada beberapa fungsi garam pada keju. Salah satu contohnya adalah untuk menguatkan rasa keju dan juga sebagai pengawet alami keju.  selain itu, garam juga membuat keju mengeras dan juga membunuh bakteri yang akan merusak proses pembuatan keju.

Namun, perlu kalian ingat, tidak semua keju dicampur atau di beri garam. Contoh keju yang tidak di beri garam seperti keju neufchatel dari Prancis, keju tovorog dari Rusia, dan keju gjetost dari Norwegia. Selain itu, berbagai jenis keju juga memiliki takaran garam yang berbeda. Biasanya, semakim keras keju, maka semakin banyak garam yang dibaerikan.

Nah, gimana ? Sudah tau kan mengapa keju terasa asin ? Ya, hal tersebut karena campuran garam. Dimana peran garam sangat penting dalam pembuatan keju. Rasa asin juga seakan membuat keju terasa khas dan gurih.

Baik, sampai disini dulu temen-temen bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahasa diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain dan share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *