Bagaimana kereta berbalik ?


Salah satu dari kalian, pasti pernah naik kereta untuk bepergian. Atau minimal, pernah melihat kereta. Dimana kereta akan selalu bergerak mengikuti relnya. Namun, pernahkah kalian berpikir bagaimana caranya kereta putar balik ?

Misalkan, jika kereta berangkat dari stasiun A menuju stasiun B, lalu bagaimana cara kereta putar balik pulang dan pergi dari stasiun B menuju stasiun A ? Nah untuk itu, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Kereta merupakan salah satu mode transportasi massal yang masih digemari hingga sekaran. Karena  selain biaya tiket perjalanan yang murah, kereta juga anti macet. Karena memiliki jalur khusus yaitu rel. Namun, untuk putar balik, kereta memiliki cara yang berbeda. Ada beberapa cara yaitu Trun Table,  segitiga pembalik, ballon loop dan maju mundur.

Turn table 


Turn table merupakan cara memutar lokomotif manual. Yaitu dengan cara memasukkan lokomotif ke dalam rel yang bisa di putar. Setelah lokomotif masuk kedalam lingkaran tersebut, lalu rel akan di putar secara manual oleh 2-4 orang. Stasiun yang memiliki turn table atau meja putar ini adalah Yogyakarta, Jatinegara, Malang, Cilacap dan lainnya. Kelebihan dari cara ini adalah tidak menggunakan banyak lahan.

Segitiga pembalik


Segitiga pembalik merupakan cara memutar balikkan lokomotif dengan membentuk rel menjadi segitiga. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.



Awalnya, kereta maju di sisi rel bagian atas hingga melewati segitiga. lalu akan mundur dan diarahkan ke rel sisi kiri hingga melewati segitiga. Lalu akan maju dan di arahkan menuju rel sebelah kiri hingga masuk ke rel atas kembali. Stasiun yang memiliki segitiga pembalik di antaranya, Stasiun Solo Balapan, Banyuwangi, Semarang dan Surabaya.

ballon loop


Kemudian, ballon loop merupakan lintasan putar balik yang membentuk seperti balon. Dengan sistem ini, kereta akan memutar dan berbalik melalui lintasan putar yang cukup besar. Balloon loop ini dapat dilihat di kawasan stasiun Sidotopo Surabaya, Jakarta dan Tanjung Karang.

kereta maju mundur

Kemudian ada juga kereta maju mundur. Dimana saat pergi, kerera akan bergerak maju. Dan saat kereta pulang, maka kereta akan berjalan mundur hingga sampai ke tempat  tujuan.

Nah itu dia beberapa cara untuk memutar balikan lokomotif. Semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagibkita semua. Mohon maaf apabila ada bahasan yang keliru. Terimakasih sudah membaca postingan kami kali ini. Jangan lupa baca postingan kami yang lain. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *