Apa itu kutu air ?


Sebagian dari kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan kata kutu air. Dimana kutu air sudah banyak di sebut dan di iklankan obatnya di televisi. Namun, pernahkah kalian berpikir, apa sebenarnya yang di maksud dengan kutu air tersebut ? Untuk itu, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Kutu air sebenarnya merupakan sebutan awam bagi sejumlah krustasea kecil yang hidup dan tinggal air. Kutu air bukan serangga dan perlu kalian ketahui, kutu air ini tidak hidup sebagai parasit bagi manusia. Secara taksonomi, hewan yang disebut kutu air ini termasuk dalam genera Daphnia, Cyclops, Bosmina, dan Diaptomus.

Namun, berbeda dengan kutu air yang sering di keluhkan oleh kebanyakan orang yang biasanya terjadi di kaki seseorang dengan ciri - ciri berupa ruam bersisik dan terdapat pada sela-sela jari kaki. Dimana gangguan ini di sebabkan oleh berbagai jenis jamur. Namun, yang paling sering disebabkan oleh jamur dengan nama dermatophytes.

Jenis jamur penyebab kutu air merupakan jamur yang biasanya hidup di lingkungan dengan suhu yang hangat dan lembap, seperti kamar mandi dan kolam renang. Seseorang dapat tertular jamur kutu air ini dengan cara bersentuhan langsung dengan kulit yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi.

Apabila seseorang telah tertular, jamur kutu air akan menetap dan berkembang biak di permukaan kulit. Ketika terdapat celah pada kulit, jamur kutu air dapat masuk ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi. Dan terjadilah kondisi seperti yang sudah di jelaskan diatas.

Cara paling ampuh untuk menghindari jamur kutu air agar tidak tertular adalah dengan cara menjaga kebersihan kaki. Serta selalu menggunakan alas kaki jika pergi ketempat umum. Cuci sepatu dan kaos kaki secara berkala serta tidak menginjak air kotor seperti di sawah maupun selokan.

Apabila sudah terlanjur terjangkit, maka disarankan untuk konsultasi ke dokter. Atau juga bisa menggunakan obat jamur yang sudah tersedia di pasaran. Namun, pada masa penyembuhan dengan krim, tentu disarankan untuk senantiasa menjaga kebersihan kaki.

Nah itu dia penjelasa mengenai kutu air yang sebenernya. Jadi, jangan sampai keliru lagi ya temen - temen. Terimakasih sudah membaca bahasan kali ini. Jangan lupa mampir di bahasan menarik lainnya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *