Mengapa kulit menghitam saat terkena sinar matahari ?


Tidak seperti orang eropa, masyarakat indonesia cendrung takut akan adanya sinar matahari. karena, sinar matahari dapat membuat kulit kita menjadi lebih hitam. Terlepas dari masalah itu, pernahkah kalian berpikir mengapa kulit bisa menjadi lebih hitam saat terkena sinar matahari ? Untuk itu, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Sebelum kita membahas jawabannya, lebih dahulu kita ketahui dahulu tentang sinar matahari. Dimana sinar matahari yang masuk ke bumi dapat dibagi menjadi 3 bentuk yaitu inframerah yang terasa panas, sinar matahari dan sinar ultraviolet. Ultraviolet dibagi lagi menjadi 3. Yaitu UVA, UVB, dan UVC. Namun yang sampai kekulit kita hanya dua macam sinar ultraviolet. Yaitu UVA dan UVB. Sementara UVC tidak dapat melewati lapisan ozon bumi.

Dimana jenis UVA lah yang mebuat kulit banyak memproduksi akan membuat bagian kulit ysng bernama melanosit memproduksi pigmen melamin. Dan melamin inilah yang mebuat kulit tampak lebih gelap setelah terkena sinar UVA. Produksi melanin bertujuan untuk melindungi sel - sel kulit kita dari sinar ultraviolet.

Nah itu dia temen - temen penyebab kulit kita menjadi lebih gelap saat terkena sinar matahari. Yaitu karena produksi pigmen melamin yang berlebih untuk melindungi sel - sel kulitnkita dari sinar ultraviolet.

Baik terimakasih sudah membaca postingan kami kali ini. Semoga aoa yang telah kami bajas diatas dapat bermanfaat baginkita semua. Jangan lupa membaca postingan kami yang lain. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *