mengapa gunung terasa lebih dingin ?


Mungkin sebagian dari kalian pernah merasakan pergi ke gunung. Bila kita rasakan, hawa di pegunungan atau ketinggian akan terasa lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu yang ada di dataran rendah apalagi di pesisir pantai. Namun, pernahkah kita berpikir, mengapa suhu di pegunungan lebih dingin dibandingkan pantai ? oleh karena itu, berikut tim info-mnarik akan membahasnya untuk kalian.

Bila kita pikir secara logis, gunung yang tinggi tentu  akan membuat jarak permukaan nya menjadi lebih dekat dengan matahai. Hal tersebut, otomatis akan membuat pegunangan menjadi lebih panasi di bandingkan dengan permukaan pada dataran rendah.

Namun itu hanya pemikiran logis saja dan tidak sesuai dengan kejadian sesungguhnya dilapangan. Karena jarak bumi kepada matahai mencapai 149.600.000.000 meter. Sementara, gunung tertinggi  di indonesia hanya mencapai 4.884 meter saja. Yaitu gunung jaya wijaya.

Dengan jarak yang hanya ribuan meter, tentu tidak ada apa – apanya bila kita bandingkan dengan jarak bumi ke matahari. Jadi, jarak matahari yang lebih dekat bukan pengaruh sebenarnya yang membuat suhu di permukaan bumi menjadi berbeda.

Pengaruh sebenarnya terjadi karena adanya atmosfer bumi. Atau lapisan udara yang menyelimuti bumi. Lapisan atmosfer ini memiliki sifat “makin keatas atau makin tinggi kita berada, maka suhu atmosfer akan lebih dingin”.

Nah itulah sebenarnya yang membuat pegunungan terasa lebih dingin dibandingkan dataran rendah seperti perkotaan dan pesisir pantai.

Baik, semoga apa yang telah kita bahas di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca postingan kami yang lainnya. terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *