Penyebab terjadinya angin.


Kita tentu tidak asing dengan adanya angin. Karena angin senantiasa kita jumpai di kehidupan masing-masing. Seperti angin yang diciptakan oleh kipas angina ketika kepanasan. Atau juga menggunakan kipas manual seperti kipas sate. Namun taukah kalian penyebab angin yang terjadi di alam ?

Angin merupakan udara yang bergerak dalam jumlah yang besar. Dimana udara juga memiliki berat atau massa. Apabila udara di panaskan, maka udara akan menjadi lebih ringan. Udara yang ringan akan menuju ke atas. Dan udara yang lebih dingin di sekitarnya,  akan menggantikan posisi udara yang keatas tadi.

Perpindahan udara tadilah yang merupakan awal dari angin. Di alam, udara dapat memanas karena adanya sinar matahari dan sebagainya. Pada alam, terdapat beberapa tipe angin yang bertiup di alam kita. Seperti :

  • Angin laut – angin yang bertiup dari laut ke darat.
  • Angin darat – angin yang bertiup dari darat ke laut.
  • Angin lembah – angin yang bertiup dari punjak gunung ke lembah.
  • Angin musim barat – angin yang bertiup dari benua Asia (musing dingin) menuju benua Australia (musim panas)
  •  Angin musim timur – angin yang bertiup dari Australia (musim dingin) menuju benua asia (musim kemarau/panas)
  • Dan masih ada yang lainnya.
ah itu dia temen-temen penyembab terjadinya angin. Yaitu karena adanya udara yang bergerak dari tempat yang lebih dingin menuju tempat yang lebih panas karena pemuaian udara di tempat yang panas. Semoga postingan kali ini bermantfaat. Termakasih sudah

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *