Penyebab awan berwarna putih dan kelabu.


Sudah umum kita ketahui, jika cuaca sedang cerah, maka awan akan terlihat warna putih. Namun, saat hujan akan tiba awan akan berwarna gelap atau kelabu. Tahukah kalian mengapa dana apa penyebab peristiwa itu bisa terjadi ?

Pada saat cuaca sedang cerah, awan akan terlihat berwarna putih. Hal tersebut dikarenakan awan terbentuk dari titik-titik air yang sangat kecil. Sehingga awan tersebut dapat menyebarkan semua warna dari cahaya dari matahai. Sehingga apa bila warna tersebut di gabungkan maka akan terlihat berwarna putih.

Sedangkan pada awan yang berwarna gelap atau kelabu, hal tersebut diakibatkan karena ketebalan atau ketinggiannya. Maksudnya, semakin tebal awan (titik air) yang terkumpul dan semakin dekat dengan pemukaan bumi, maka awan akan menyerap cahaya matahari dan tidak dapat melewati awan tersebut. Hal tersebutlah yang mebuat sinar matahari tidak sampai ke permukaan bumi dan membuat awan berwarna gelap.

Nah itu lah alasan mengapa awan dapat memiliki dua warna. Dan hal tersebut karena hanya masalah cahaya matahari yang bisa atau tidak bisa menembus awan tersebut. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat ya.. terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *