Bagaimana cara radio disiarkan ?


Dijaman yang sudah canggih seperti sekarang Radio memang sudah kalah eksis dari teknologi informasi yang lain. Seperti Televisi, internet, dan teknologi lainnya. Karena radio kalah menarik. Radio hanya bisa menyajikan suara. Sementara Televisi dan internet bisa menampilkan gambar atau video yang tentu lebih atraktif dan inovatif.

Namun, sampai sekarang radio masih cukup banyak peminatnya. Hql ini terbukti dengan masih banyaknya stasiun radio yang bertahan sampau sekarang. Namun, pernahkah kita berpikir atau penasaran bagaimana caranya suara penyiar dan musik dari studio bisa sampau ke radio kita ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, radio telah ada sejak lama. Bahkan, jauh sebelum kemerdekaan negara kita. Saat kita merdeka, penyebaran berita ini disebar luaskan melalui media radio ini loh. Jadi, radio merupakan media penyebar informasi yang sangat penting saat negara kita ini merdeka.

Penyiaran radio diawali dari suara. Baik suara penyiar melalui microphone, ada pula musik atau audio yang diputar melalui komputer. Suara ini nantinya akan diubah menjadi gelombang radiasi elktromagnetic. Gelombang ini dapat bergerak dan merambat walau tidak ada udara sekalipun. Jadi, radio bisa juga digunakan di ruang angkasa. Asal, gelombang nya bisa sampai kesana ya.

Pengubahan suara menjadi gelombang ini biasanya menggunakan alat yang biasa disebut sebagai transmitter dengan bantuan tower yang cukup tinggi. Itu juga yang menjadi alasan dimana setiap studio radio ada tower tinggi.

Gelombang ini dipancarkan dengan frekuensi tertentu sesuai izin dari pemerintah. Jika tidak, maka akan bentrok ya temen-temen. Gelombang ini juga bisa diperluas dan bisa dihalangi oleh gunung. Namun, gelombang ini bisa diperluas diperluas kembali.

Yaitu dengan cara menangkap gelombang radio tersebut dan dipancarkan kembali dengan menggunakan tower dan alat bernama receiver dan dipancarkan kembali menggunakan transmitter dan juga tower lagi temen-temen.

Kemudian, sinyal atau gelombang ini akan ditangkap oleh antena radio kita. Kemudian sinyal akan masuk ke bagian tuner. Lalu, gelombang tersebut diterjemahkan kembali atau diubah kembali menjadi suara kembali dan didengar oleh kita.

Nah, gimana ? Sudah tau kan bagaiamana suara dari studio radio bisa sampai pada radio kita ? Baik, semoga penjelasan diatas dapat memberikan gambaran dan dapat bermanfaat bagi kita yang memahami bahasan kita kali ini.

Baik, sekian dulu bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen. Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *