Apakah mahluk hidup yang membeku bisa hidup kembali setelah mencair ?


Temen-temen tentu pernah ya mrnonton film kartun. Dimana biasanya, salah satu adegan saat musim dingin menggambarkan mahluk hidup atau pemeran kartun tersebut dapat membeku didalam lapisan es. Kemudian saat mencair, pemerannya bisa gidup kembali dan beraktifitas seperti biasa.

Adegan-adegan tersebut cukup umum dalam beberapa kartun. Seperti kartun Tom and Jerry dan beberapa kartun anak kecil lainnya. Namun hal tersebut justru membuat kita penasaran. Apa benar, mahluk hidup yang membeku dapat kembali hidup setelah ia mencair ? Nah, untuk menjawab rasa penasaran kalian, maka berikut, info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Perlu kalian ingat kembali, jika mahluk hidup membutuhkan makan, minum, dan oksigen untuk tetap hidup. Hal tersebut untuk kelangsungan hidup sel-sel yang ada di tubuh mahluk hidup. Jika sel mati, maka organ-organ penting seperti otak, jantung, dan paru-paru tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Nah, sekarang, coba bayangkan apa yang terjadi pada mahluk hidup yang membeku ? Mereka tentu tidak bisa mendapatkan makan, minum, dan juga oksigen bukan ? Oleh sebab itu, jawabannya sudah jelas ya. Mahluk hidup yang membeku tentu tidak akan hidup lagi saat es yang membungkusnya mencair. Walaupun, bagian-bagian tubuhnya tetap utuh.

Hal tersebut juga terjadi pada tumbuhan ya. Karena saat membeku, mereka tidak akan bisa melakukan proses pembuatan makanan yaitu fotosintesis. Artinya, tumbuhan juga tidak bisa makan jika membeku. Namun, tumbuhan di negsra yang memiliki musim dingim bersalju, biasanya tumbuhan tidak akan sampai membeku. Tumbuhan biasanya akan menggugurkan daunnya. Akan kembali tumbuh daun saat musim dingin berakhir.

Jadi, adegan-adegan dan penggambaran dalam film kartun tersebut sama sekali tidak benar ya temen-temen. Walaupun memang, film kartun biasanya hanya bertujuan untuk entertaint atau menghibur, namun adegan seperti hidup kembali setelah membeku tersebut bisa membuat penonoton salah paham.

Walau begitu, ada juga beberapa pengecualian bagi beberapa spesies yang bisa tetap hidup walau membeku. Hal tersebut karena spesies tersebut memiliki kemampuan khusus yang tidak bisa dilakukan oleh spesies mahluk hidup yang lain.

Nah, gimana ? Sudah jelas ya temen-temen. Semoga bahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita ya. Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Share juga ya temen-temen. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *