Mengapa ban kendaraan terasa panas setelah digunakan ?


Kegiatan kita sehari-hari biasanya tidak bisa kita lepaskan dari kendaraan bermotor. Seperti sepeda motor dan juga mobil. Karena kendaraan tersebut bisa memudahkan dan mempercepat mobilitas kita untuk bepergian atau mengangkut barang untuk keperluan usaha atau keperluan hidup.

Namun, kemudahan tersebut tidak lepas dari peran dan fungsi ban yang terkadang  sering tidak kita perhatikan. Ban biasanya terbuat dari campuran karet. Namun, pernahkah kita iseng-iseng memegang ban kendaraan saat setelah kita gunakan ? Atau sekedar mengecek tekanan anginnya. Biasanya akan terasa panas bukan ? Nah, pernahkah kalian penasaran tentang hal tersebut ? Yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, saat kita menggunakan sepeda motor dan kendaraan bermotor lainnya, ban kita akan terus mengalami gesekan dengan jalan. Seperti batu dan juga aspal. Bila tidak ada gaya gesek mungkin ban akan mudah tergelincir loh temen-temen.

Jadi, gaya gesek tersebut adalah salah satu penyebab mengapa ban kendaraan kesayangan kita suhunya meningkat dan menjadi terasa panas. Hal tersebut diperparah dengan saat kita melakukan pengereman. Dimana gaya gesek akan semakin terasa bekerja.

Kalian bisa mencari tau lebih lanjut tentang penyebab dan mengapa gaya gesek bisa membuat apapun yang bergesek menjadi meningkat. Kalian juga bisa membuktikannya dengan cara menggesek-gesekkan sendok pada kain atau kayu. Geseklah dengan waktu beberapa menit. Lalu coba rasakan secara perlahan. Harusnya, sendok akan terasa lebih hangat.

Gaya gesek juga yang membuat cakram dan velg motor bisa menjadi panas karena gaya gesek saat melakukan proses pengereman. Karena melakukan fungsi rem, artinya memperbesar gaya gesek untuk menghentikan rem. Biasanya pengereman bervariasi. Yaitu dengan menggunakan piringan cakram atau dengan tromol.

Nah, gimana ? Sudah terjawab dan sudah paham ya temen-temen bagaimana penyebab dari ban kita menjadi panas setelah kita gunakan ? ya, karena gaya gesek yang terjadi antara ban dan jalanan yang kita lewati. Seperto bebatuan dan tentu saja aspal.

Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen-temen. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *