Apa yang akan terjadi jika semua es di bumi ini mencair ?


Temen-temen tentu tau ya jika di kutub utara dan juga kutub selatan terdapat banyak sekali es. Namun, ada berita buruk tentang es-es tersebut. Hal tersebut berkaitan dengan pemanasan global. Yaitu meningkatnya suhu bumi karena efek rumah kaca. Pemanasan global tersebut diprediksi dapat membuat es-es yang ada di kutub akan mencair.

Mencairnya es di kutub tersebut di prediksi dapat membuat air laut bertambah banyak  dan permukaan air laut pun akan meningkat. Nah, apa benar dapat separah itu ? lalu., apa saja yang akan terjadi jika semua es di bumi kita ini menmcair ? nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, bumi kita ini merupakan planet yang memiliki air yang melimpah. Bahkan, sebagian besar permukaannya di tutupi oleh air yang ada di laut. Sehingga, tidak heran jika bumi kita tampak berwarna biru bila kita lihat dari rung angkasa sana. Namun perlu kalian ketahui, air tersebut ada yang membeku. Namun diperkirakan hanya 3% air saja yang membeku dibumi kita ini.

Namun setidaknya ada beberapa hal yang akan terjadi jika semua es mencari di bumi kita ini menurut prediksi para ahli. Nah, berikut kami akan membahasnya dalam beberapa bagian dibawah ini.

Air laut bertambah banyak dan permukaan air laut akan naik.

Seperti yang sering kita dengar dan seperti yang sudah kita baca diatas, mencairnya seluruh es di bumi kita ini dapat menaikkan permukaan laut. Bila yang mencair hanya es dikutub utara, maka air laut tidak akan terasa naiknya. Karena disana, es banyak yang tenggelam dan hanya sedikit saja yang terlihat pucuknya. Sehingga,ketika mencair, air hanya akan menggantikan volume es yang terggelam tadi. Seperti halnya es didalam teh. Ketika es mencair, mamka tesh tidak akan tumpah. Hanya bertambah sedikit saja volume nya.

Namun, jika yang mencair adalah es yang ada didaratan, seperti yang ada di Greenland dan Alaska. Karena jika itu terjadi, maka diperkirakan permukaan air laut bisa naik setinggi 7 meter. apalagi jika ditambah dengan es yang ada di kutub selatan. Permukaan air laut bisa naik setinggi 60 meter loh. Karena diperkirakan, 90% es dunia ada di kutub selatan.

Naiknya permukaan air laut setinggi 60 meter tersebut tentu akan menenggelamkan pulau-pulau kecil dan juga pulau yang memiliki dataran rendah dibawah 60 meter diatas permukaan laut.  Tentunya, daratan akan semakin sempit dengan manusia yang semakin banyak ini. Sangat mengerikan bukan ?

Air laut akan berkurang keasinannya.

Perlu kalian ketahui, jika es yang mencair akan menghasilkan air tawar. Ketika semuanya bercanpur dengan air laut, tentu akan membuat kadar keasinan air laut berkurang. Hal tersebut  tentu akan mempengaruhi ekosistem dan kehidupan bawah laut. Seperti ikan harus beradaptasi dan jika tidak beradaptasi mungkin mahluk air laut akan mati.

Membuat efek rumah kaca dan pemanasan global menjadi makin parah.

Mencairnya seluruh es dibumi kita ini juga akan mengakibatkan efek rumah kaca dan pemanasan global yang lebih parah. Karena, cahaya matahari biasanya akan dipantulkan oleh es bening dan diserap oleh air laut. Jika tidak ada es, maka sinar matahari akan diserap semua. Maka tentu bumi akan semakin panas. Selain itu, karbon yang selama ini membeku tentu akan terlepas ke udara ketika mencair yang akan memperparah efek rumah kaca.

Nah, gimana ? sangat seram ya temen-temen. Makanya, mulai sekarang kita harus menjaga lingkungan dengan hal-hal kecil yang kita bisa. Seperti menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih temen-temen :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *