Dari mana asal gelembung udara saat air mendidih ?


Temen-temen tentu pernah masak air ya. Entah untuk memasak mie, bikin kopi, atau memasak makanan-makanan kesukaan kalian. Saat air mulai panas, pasti ada gelembung udara kecil yang keluar dari panci kalian. Semakin panas, maka air akan mendidih. Kondisi tersebut digambarkan dengan keluarnya banyak gelembung dari bagian bawah air.

Saat kalian memasak air tersebut, pernahkah kalian memiliki rasa penasaran atau pertanyaan tentang hal tersebut ? Sebenarnya, dari mana helembung udara tersebut berasal ? Dan mengapa gelembung udara muncul ketika air dipanaskan ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, air memiliki 3 fase. Yaitu cair, padat, dan gas. Dalam suhu ruang, air tentu akan berbentuk cair. Namun, bila kita dinginkan hingga mencapai suhu 0 derajat celcius, maka air akan berubah wujud menjadi padat. Seperti yang kita lihat dikulkas. Yaitu es batu yang berwujud padat. Es batu merupakan air yang berubah wujud dari cair menjadi padat.

Sementara air yang kita panaskan hingga mendidih atau mencapai suhu hingga 100 derajat celcius, maka air tersebut akan berubah wujud menjadi gas dan sering kita sebut sebagai uap air.

Nah, itu juga yang terjadi pada saat kita memasak air hingga mendidih. Gelembung-gelembung udara tersebut merupakan air yang berubah wujud menjadi gas ketika kita panaskan. Lalu, mengapa udara keluar dari dekat panci atau didasar air ?

Hal tersebut terjadi karena bagian paling panas adalah air yang dekat dengan panci. Karena panci yang mengantarkan panas dari api. Sehingga, air paling dekat dengan panci memiliki suhu paling panas dan berubah wujud dari cair menjadi gas.

Karena gas lebih ringan dibandingkan air, dan udara berada dibawah air, maka tentu udara akan segera naik keatas. Nah jadi, seperti itulah cerita dan penyebab udara udara gelembung muncul dari bawah saat kita memanaskan air.

Nah jadi, gimana ? Sudah jelas kan temen mengenai bahasan kali ini ? Baik, semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasa menarik kami yang lain ya. Jangan lupa di share juga ya temen-temen. Terimakasij :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *