Apakah hewan mengalami masa menstruasi ?


Masa menstruasi merupakan masa periodik yang dialami oleh manusia. Lebih tepatnya pada perempuan sebelum masa menopause tiba. Namun, pernahkah kalian berpikir, apakah hewan juga mengalami hal serupa ? Nah untuk itu tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian. Berikut pembahasannya.

Sebelumnya, kami informasikan  agar bisa di ingat kembali. Jika menstruasi merupakan peristiwa luruhnya dinding rahim yang menjadi sebab dari tidak adanya pembuahan. Hal tersebut ditandai dengan adanya pendarahan. Biasanya mulai dari 3 - 15 hari. Siklus menstruasi biasanya terjadi pada siklus 28 hari. Namun, tidak selalu 28 hari. Ada yang 21 sampai 30 hari.

Peristiwa ini juga bisa terjadi pada mamalia lain. Hewan yang benar - benar mirip dengan siklus menstruasi manusia adalah beberapa jenis kera besar. Seperti : gorila, orangutan, simpanse dan bonobo. Sedangkan, pada mamalia lain menstruasi yang terjadi tidak seperti yang terjadi pada manusia.

Perlu kalian ketahui, hewan yang mengalami masa menstruasi ini adalah hewan mamalia. Yaitu hewan yang melahirkan. Bukan hewan yang bertelur.

Beberapa spesies mamalia yang mengalami menstruasi yaitu monyet, lemur, kuda, kerbau, jerapah, zebra, badak, kucing, anjing, tikus pohon, gajah, landak dan serigala. Proses menstruasi pada beberapa mamalia ini bisa dikatakan diam-diam. Karena, akibat dari kuruhnya dinding rahim tidak kasat mata.

Saat tidak terjadi pembuahan, maka dinding rahim akan di serap oleh rahim. Sehingga tidak terjadi pendarahan. Walaupun, ada beberapa mamalia yang mengalami pendarahan. Tapi, pendarahan tersebut cenderung ringan dan relatif lebih singkat. Sehingga, pendarahan tersebut tidak banyak manusia yang mengetahui hal tersebut.

Nah itu dia temen - temen jawabannya. Ternyata hewan mamalia juga bisa mengalami masa menstruasi seperti manusia. Baik, terimakasih sudah membaca pokbahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah di bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *