Apa penyebab besi berkarat ?


Disekitar kalian, tentu pasti mudah sekali melihat adanya besi yang lama kelamaan akan berkarat. Terlebih lagi jika di biarkan di udara bebas yang terkena hujan dan air. Namun, pernahkah kalian berpikir bagaimana besi itu bisa berkarat ? Nah, untuk itu tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Besi merupakan sebuah bahan yang banyak digunakan untuk di buat menjadi beberapa peralatan. Seperti sendok, rantai, gembok, pagar dan lain sebagai nya. Besi di pilih karena merupakan bahan yang kuat dan bisa di bentuk sesuai keinginan dan dibutuhkan. Namun besi akan mudah berkarat bila terkena air.

Ya, benar air. Jadi besi akan mudah berkarat jika terkena air. Karena, karat merupakan hasil dari reaksi antara besi, air dan oksigen. Korosi atau karat juga dapat di dipercepat dengan kandungan garam di dalam air yang membasahi besi. Hal tersebut terbukti pada kapal - kapal yang akan mudah berkarat dibandingkan ditempat lain seperti dirumah kalian.

Salah satu cara untuk mencegah korosi atau karat ini bisa dengan cara menggunakan minyak seperti oli dan minyak lainnya. Selain itu, mencegah karat juga bisa menggunakan cat besi. Sehingga besi tidak akan bersentuhan langsung dengan udara dan air.

Nah itu dia temen - temen penyebab besi berkarat. Yaitu dikarenakan reaksi antara besi, air dan oksigen. Baik, semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik lainnya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *