Apa perbedaan kuliah D1 dan D2 ?


Temen - temen mungkin akan sedikit asing atau kurang familiar dengan jenjang kuliah D1 dan D2. Karena memang sedikit institusi yang membuka program belajar pada jenjang D1 dan D2 tersebut. Namun, bagi sebagian orang tentu sudah sering kali mendengar nya. Namun tentu tidak semua orang tau beberapa perbedaan yang ad apada jenjang D1 dan D2. Nah untuk itu, kami disini akan mencoba untuk memberikan sedikit perbedaan terkait keduanya.

Jenjang D1 dan D2 merupakan jenjang Diploma yang akan di program untuk belajar suatu skill atau kemampuan suatu bidang tertebtu yang spesifik. Jenjang ini akan mengutamakan praktek ketimbang teori. Hal tersebut bertujuan untuk lebih menyiapkan mahasiswanya untuk menghadapi dunia kerja. Namun tentu saja keduanya memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya maka kami akan menjelaskan perbedaannya pada beberapa bagian dibawah ini.

Jumlah tahun kuliah.

Pada program diploma, angka di belakang nama bisa dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui jumlah tahun untuk lulus dari jenjang tersebut. Misalkan pada jenjang D1 yang hanya membutuhkan waktu 1 tahun saka (2 Semester). Hal tersebut juga berlaku bagi jenjang D2 yang juga membutuhkan waktu 2 tahun (4 semester). Namun, perlu kalian ingat jika jumlah tahun tersebut bisa bertambah jika ada kendala. Seperti mata kuliah mengulang, cuti, atau pengerjaan tugas akhir yang lebih lama.

Gelar yang akan diperoleh.

Gelar yang akan diperoleh oleh kedua jenjang tersebut juga akan berbeda satu sama lain. Pada jenjang D1, nantinya akan mendapat gelar Ahli Pertama yang dapat disinhkat menjadi A.P. . Sedangkan pada jenjang D2 nantinya akan mendapat gelar  Ahli Muda yang akan disingkat menjadi A.Ma. . Gelar - gelar tersebut bersifat umum yang juga bisa berubah seiring perkembangan pendidikan dan sesuai keputusan kampus atau institusi yang mengadakan.

Belajar dan lain - lain.

Jenjang D1 tentu akan belajar lebih singkat dan lebih spesifik ketimbang D2. Karena D1 hanya program satu tahun. Sehingga pembelajarannya lebih spesifik pada skill atau kemampuan tertentu. Sedangkan pada jenjang D2 akan diajarkan sedikit lebih luas. Namun masih tetap satu ranah bidang yang sama. Hal ini dimungkinkan karena lama belajar D2 yang lebih lama.

Nah itu dia temen - temen beberapa perbedaan antara jenjang D1 dan D2. Apabila ada kekurangan atau kesalahan pada pembahasan diatas, dapat kalian sampaikan pada kolom komentar dibawah ini atau juga bisa melalui laman kintak kami sudah di sediakan.

Baik terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas dia atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share ya. Biar temen kalian tau apa yang kalian tau. Baik terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *