Bagaimana uban terjadi ?


Uban merupakan kondisi rambut yang berwarna putih. Pada umumnya, uban akan tumbuh seiring bertumbahnya usia. Biasanya pada umur 30 tahun keatas. Namun, ada juga umur dibawah 30 sudah beruban. Lalu, pernahkah kalian berpikir apa sebenernya yang menyebabkan uban ini ? Untuk itu, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Rambut memilik warna hitam dikarenakan zat warna pada folikel rambut yang berasla dari melanin. Dimana melanin di bagi menjadi dua. Yakni eumelanin dan pheomelanin. Pada seseorang dengan rambut lebih hitam, dikarenakan eumelanin lebih dominan. Namun, seiring bertambahnya usia, melanin ini cenderung akan berkurang. Saat melanin habis atau kadar nya sudah sedikit, maka disitulah rambut akan berwarna putih.

Namun, ada pula yang memiliki uban sejak usia dini. Ada yang beranggapan jika hal tersebut di karenakan stress atau terlalu banyak pikiran. Namun, sampai sekarang belum ada penelitian yang membuktikan anggapan tersebut.

Menurut beberapa penelitian, ada beberapa sebab yang mempengaruhi penyebab uban. Seperti :

usia.

Seiring bertambahnya usia, produksi melamin pada rambut akan berkurang dan akan membuat rambut menjadi putih.

genetik atau keturunan 

Hal ini juga bisa terjadi. Apabila ada seseorang uban sejak muda, maka kemungkinan bisa turunan dsri orang tua, kakek, atau nenek yang memang uban sejak muda.

Perokok 

Menurut penelitian, merokok juga bisa menyebabkan uban sejak dini dan bisa mulai sejak usia dibawah 30 tahun.

efek obat - obatan.

Pasien yang menjalani pengobatan seperti radioterapi juga dapat mengalami pemutihan rambut atau uban.

kondisi kesehatan.

Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan rambut menjadi putih atau uban. Seperti albino, vertiligo dan yang lainnya. Selain itu, bisa juga karena kekurangan nutrisi seperti vitamin B12.

Nah itu dia temen - temen beberapa sebab tumbuh nya uban. Yang sebab utamanya adalah dikarenakan berkurangnya melanin pada folikel rambut. Baik, semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *